4 Cara Mudah Bertoleransi

Dalam bertoleransi memang tidak sepenuhnya mudah untuk dilakukan. Perbedaan agama, suku, dan ras memang selalu tidak bisa dihindarkan.

Selain itu juga ada ideologi dan pola pikir yang begitu berbeda dari suatu kelompok atau individu itu sendiri. Lalu bagaimana cara bagi kita sendiri untuk bisa bertoleransi?



Bertoleransi begitu indah, karena kita semua hidup di satu bumi yang sama. Alangkah baiknya kita saling menghargai satu sama lain. Berikut empat tips agar kita bisa bertoleransi:

1. Mengalami

Dengan mencoba berada di tempat yang membuat Anda merasa minoritas. Seperti misalnya Anda beragama Islam, tapi berani berkumpul bersama umat Kristiani. Kita akan lebih memahami perbedaan sudut pandang, karena dengan menjadi minoritas akan membuat kita lebih bertoleransi. Ingat, ruang publik saja tidak akan cukup.

2. Mengakui 

Dengan mengakui perbedaan itu ada. Tidak perlu merasa terusik dengan adanya perbedaan. Tetaplah merasa nyaman, selama itu tidak merugikan Anda secara langsung. 

3. Mengayomi

Semua pernah menjadi mayoritas. Entah itu merasa lebih cerdas, lebih kuat, atau dominan. Kekuatan itu seharusnya dipakai untuk melindungi yang lemah, demi cinta kasih bukan kebencian.

4. Mengenali

Berani berkenalan, berinteraksi, berdiskusi adalah hal sederhana untuk toleransi. Semua itu akan semakin efektiv jika Anda melakukannya untuk orang-orang baru. Dengan begitu Anda akan semakin mengerti, bahwa pengetahuan Anda soal seseorang tidak cukup banyak, karena setiap manusia itu unik.


Jadi, sudah siap bertoleransi?  

No comments:

Post a Comment

Pages