Ledakan Tambang Terburuk Oklahoma

Suatu ledakan dahsyat membungkam Krebs, Oklahoma, pada 7 Januari 1892. Sekitar 100 orang tewas dalam bencana pertambangan terburuk dalam sejarah negara bagian Amerika Serikat itu.

Ulah para pemilik tambang diduga jadi penyebab kecelakaan tersebut. Mereka mementingkan keuntungan daripada keamanan.

Tambang Krebs (Foto: miningartifacts.org)

Pada abad ke-19, tempat yang berada di Tenggara Oklahoma itu memang pusat pertambangan. Karena itu, federal AS memerintahkan rumah-rumah warga digusur demi pembebasan lahan.

Sejak saat itu juga, sikap acuh tak acuh perusahaan soal keselamatan sudah terlihat. Namun masih banyak imigran yang bersedia bekerja keras dalam kondisi berbahaya di sana. Kebanyakan dari mereka keturunan Italia dan Rusia.

Perusahaan tambang nomor 11 milik Osage Coal & Mining Company ini memang tekenal dengan kondisi buruknya. Akibatnya, omset pekerja dan biaya perawatan pun melambung tinggi.

Sialnya, perusahaan malah merekrut tenaga kerja non terampil, bahkan untuk bidang yang berbahaya sekalipun seperti bahan peledak dan amunisinya. Mereka hanya memberi sedikit pelatihan dan langsung membiarkannya bekerja.

Para pekerja tambang Krebs (Foto: findagrave.com)

Hingga pada sore hari 7 Januari, saat ratusan pekerja sedang menambang, ada pekerja tidak berpengalaman yang membuat ulah. Ia mencoba mengemudikan sesuatu yang ternyata memicu ledakan.

Sekitar 100 penambang langsung tewas saat itu juga. Mereka dikubur dan dibakar di sana. Sementara 150 lainnya, menderita luka parah. Tidak hanya tambang, rumah-rumah sementara di Krebs pun kena dampaknya.

Kejadian itu cukup lama terlupakan. Baru pada 2002, korban bencana pertambangan Kreb dihormati dengan sebuah monumen di lokasi tambang tua tersebut.

No comments:

Post a Comment

Pages