Pelayan aktif dan efektif

Ini sudah tulisan ke-4 saya di blog hotlas, setelah ini yang ke-5, setelahnya yang ke-6. Kemajuan zaman di era globalisasi sekarang ini kian cepat. Anak-anak muda di lingkungan gereja pun tetap aktif melayani tanpa adanya gengsi dan rasa malu dengan teman sebaya yang malah asik bermain diluar. Tapi apakah anak-anak muda tersebut adalah pelayan yang tulus melayani untuk kemuliaan nama Tuhan? Atau gengsi dan rasa percaya diri mereka yang membuat mereka malah ingin memuliakan diri sendiri?. Banyak jemaat gereja pun jatuh kedalam gengsi untuk ikut pelayanan di gereja, padahal sejatinya hati mereka ingin ikut dan aktif di kegiatan gereja. Lalu bagaimana cara kita menyikapi gengsi dan ikut aktif pelayanan di gereja?


1. BERTANYA

Aku bertanya pada langit bintang tak ada jawabnya, seperti itulah cuplikan lagu ariel, kertas ariel *arial. Ini adalah hal yang wajib kamu lakukan sebelum memulai aktif di gereja. Tapi kepada siapa kamu bertanya? Tanyakan kepada Tuhan Yesus, apakah kamu siap untuk aktif di gereja? Konsultasikan ke orang tua tentang pelayanan di gereja, dan manajemen waktu yang tepat sehingga tidak ada konflik antara kalian dan orang tua. Tanyakan juga kepada Pendeta tentang menjadi pelayan yang baik, sesuai kehendak gereja dan Firman Tuhan sehingga kita berhasil tumbuh menjadi berkat bagi orang percaya.


2. BERDOA

Sudahkah setiap pergumulan kalian bawa dalam doa? Terlebih dalam hal baik atau keluh kesah kalian di setiap aktifitas sehari-hari. Coba komunikasikan melalui doa tentang rencana kalian untuk aktif di gereja, minta agar diberikan petunjuk dan selalu percaya bahwa setiap rencanaNya yang terjadi, itulah yang terbaik, seperti tertulis dalam Yeremia 17:7 tentang pengharapan kepada Yesus Kristus.


3. OBSERVASI

Kalian juga harus mengetahui apa saja kegiatan yang ada di gereja kalian masing-masing. Kapan kah ada event-event gereja yang melibatkan anak muda, kapan dan jam berapa ada latihan koor, dan semacamnya. Agar manajemen waktu kalian tepat dan pelayanan kalian bisa dilakukan sesemangat mungkin


4. MELUPAKAN GENGSI

Ini adalah hal utama yang harus dan bahkan kita terapkan dalam diri sendiri sebelum kita terjun aktif di pelayanan gereja. Akan ada banyak cibirian, cemooh, dan lain sebagainya sebelum kita aktif digereja. Hidup seperti akar pohon, ketika kamu berada ditempat gelap, kamu pikir kamu gagal, tetapi sebenarnya kamu sedang bertumbuh. Jadi siapkah kalian tumbuh dan menjadi bunga memberi perspektif indah kepada setiap makhluk yang melihatnya?


5. NIAT

Kalian sudah melakukan semua hal diatas, tetapi kalian tetap merasa masih belum siap untuk aktif dalam pelayanan di gereja? Mari kita bedah! Di tips terakhir ini adalah sebuah penyelesaian dari setiap konsep untuk aktif dalam pelayanan. Segmentasinya harus tepat dan berimbang. Dahulukan mana yang harus kalian kerjakan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab kalian. Jika kalian sudah memilih aktif dalam pelayanan gereja, kalian harus niat dan menjadikan prioritas bagi aktifitas dibawahnya.

Jadi aktif di gereja itu sangat asik dan menyenangkan. Kita dapat berkumpul dengan saudara seiman, memuji Tuhan bersama, bahkan bisa dapet jodoh seiman *ngarep. Jadi siapkah kalian akan perubahan, dan melayani Kristus dengan segenap hati?

Pages