Intip Pameran Wallacea di Perpustakaan Nasional



Nyesel sih kalau sobat Jakartalagi nggak dateng ke sini. Jadi mimin main ke Perpustakaan Nasional, Jakarta Pusat, pada Rabu (17/10/2018). Naik ke lantai empat ternyata ada pameran.
.
Pameran ini bertajuk Merawat Wallacea, Merawat Indonesia. Lalu apa isinya?
.
Gini ceritanya...setelah 90 tahun 11 bulan, Alfred Russel Wallace meninggalkan warisan besar bagi daerah-daerah yang ia kunjungi selama bertahun-tahun ekspedisinya, salah satunya wilayah Wallacea.
.
Selama ekspedisi itu, ia meninggalkan artikel sampai buku-buku soal sains, hingga ia membuat teori evolusi melalui seleksi alam.
.
Nah dari semua karyanya itu, ada satu tema yang selalu menjadi sorotan, yaitu tentang tugas manusia untuk belajar tentang keragaman lingkungannya dan melestarikannya untuk generasi yang akan datang.
.
"Penting bagi pemerintah dan lembaga sains segera mengambil langkah-langkah untuk mengamankan...koleksi paling sempurna pernah ada di setiap cabang ilmu sejarah alam yang harus disimpan di museum nasional, di mana koleksi ini selalu tersedia untuk kajian dan interpretasi lebih lanjut," kata Wallace.
.
"Jika hal ini tidak dilakukan, generasi masa depan pasti akan melihat kita sebagai generasi orang yang begitu tenggelam mengejar kekayaan sampai tak mau peduli akan pertimbangan yang lebih tinggi. Generasi masa depan akan menuduh kita bertanggungjawab karena telah membiarkan punahnya catatan Penciptaan yang harusnya kita lestarikan; sementara kita percaya setiap makhluk hidup sebagai hasil langsung dan bukti terbaik daru Pencipta, namun, dengan inkonsistensi yang aneh, kita menyaksikan mereka punah dan binasa dari muka bumi," lanjutnya.
.
Jadi, masih mau dituduh tidak peduli? Yuk datang pelajari karya Wallace dan tekuni semangatnya menjaga lingkungan. ♥

1 comment:

Pages